Tes Kepadatan Massa Tulang : untuk mengukur risiko osteoporosis bersama CDR

2017-04-06 08:36:32
Tes Kepadatan Massa Tulang : untuk mengukur risiko osteoporosis bersama CDR

Dulu osteoporosis baru dapat dideteksi setelah terjadi patah tulang. Sebelum dapat dideteksi, tulang anda dapat menjadi rapuh. Saat ini tes kepadatan tulang yang disebut densitometri dapat menentukan apakah anda memiliki osteoporosis atau berisiko osteoporosis sebelum terjadi patah tulang.

 

Apakah tes kepadatan massa tulang ?

kepadatan tulang manusiaTes kepadatan massa tulang menggunakan sinar X khusus untuk mengukur jumlah kalsium (dalam gram) dan mineral tulang lainnya (yang dikenal dengan kandungan mineral tulang) yang terkumpul dalam bagian tulang. Semakin tinggi kandungan mineral anda, semakin padat massa tulang anda, maka semakin kuat tulang anda dan kemungkinan untuk patah menjadi kecil. Dokter menggunakan tes kepadatan massa tulang untuk mengetahui apakah anda memiliki atau berisiko osteoporosis.

Tes kepadatan massa tulang tidak sama dengan scan tulang. Scan tulang membutuhkan injeksi sebelumnya dan umumnya digunakan untuk mendeteksi patah tulang (fraktur), kanker, infeksi, dan ketidakwajaran lain 

 

Oleh karena itulah KJP Medical center bersama CDR memberikan penyuluhan serta pengecekan tulang gratis bagi masyarakat sekitar klinik sehingga masyarakat tahu akan pentingnya merawat dan menjaga kepadatan tulang di usia tua maupun muda  . (rz)

 

KOMENTAR